"PENGGANTI MBAH MARIDJAN"

  >> Sang Pemangku Gunung Merapi kini telah kosong, sepeninggal Mas Penewu Suraksohargo alias Mbah Maridjan yang telah gugur tersapu ganasnya wedus gembel (awan panas). Lantas siapa yang akan menggantikan ksatria yang setia terhadap titah HB x ini?

    Warga Yogyakarta yang telah lama mengenal Mbah Maridjan, mereka meyakini bahwa Keraton Kesultanan Yogyakarta akan menunjuk orang terdekat Mbah Maridjan untuk menunggui gunung Merapi.

“Sebenarnya sudah bisa diprediksi, sudah ada kerabat Mbah Maridjan yang ditugaskan oleh keraton,”

    salah satu tokoh yang juga anggota Komisi I DPR ini menuturkan, berdasarkan kebiasaan masyarakat Yogyakarta, posisi juru kunci Merapi tidak akan dibiarkan terlalu lama lowong. Sesuai dengan aturan keraton, bila situasi telah tenang, maka akan langsung dicarikan pengganti Mbah Maridjan.

    Calon itu, mungkin bisa berasal dari keturunan langsung Mbah Maridjan atau warga sekitar Desa Kinahrejo, tempat tinggal mendiang juru kunci itu. “Ya yang mengenal betul daerah Kinahrejo dan sudah menemani Mbah Maridjan. Tapi  terserah dari mereka,” sambungnya.

    Sebelumnya Ponimin (49), warga Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman sempat diminta Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari Keraton Yogyakarta Hadiningrat meminta, sebagai pengganti Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ponimin saat letusan Merapi, Selasa, 26 Oktober lalu sempat dikepung debu panas hampir empat jam. Namun dia hanya menderita luka bakar di kaki.

    tapi entahlah, kita tuggu saja, siapun itu orangnya, tentu yang kita harapkan adalah : dia bisa stia Dan bertanggung jawab seperti Mbah Maridjan.

0 Response to ""PENGGANTI MBAH MARIDJAN""

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme